Monday 8 May 2017

Tips Mengatasi Rambut Berketombe Secara Alami

Tips mengatasi rambut berketombe yang tepat sangat penting demi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Kulit kepala dan rambut yang tidak sehat akan sangat mudah berketombe. Ketombe biasanya dipicu oleh minyak yang ada pada kulit kepala. Rambut berketombe akan mudah rontok dan sangat tidak nyaman karena akan sering merasakan gatal di kulit kepala. Ketombe terbentuk dari pengelupasan sel kulit mati yang terjadi secara berlebihan pada kulit kepala. Ketombe pada rambut juga menandakan adanya infeksi jamur di kulit kepala. Oleh karena jika merasakan gatal karena ketombe dan digaruk berlebihan itu akan memperburuk keadaan karena akan rusaknya kulit kepala bahkan hingga menyebabkan infeksi.

Tips mengatasi rambut berketombe

Gejala dan penyebab pembentukan ketombe

Gejala yang akan Anda rasakan saat memiliki ketombe di kulit kepala adalah kulit kepala yang terasa kering dan akan sedikit berwarna merah. Selain itu Anda juga kan menemukan butiran-butiran kecil berwarna yang jatuh di pundak atau tersangkut pada rambut saat menyisir. Butiran-butiran kecil tersebut yan menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Ketombe biasanya terbentuk disebabkan oleh 3 hal yaitu yang pertama karena adanya mikro organisme yang dimiliki semua orang namun sensitif bagi beberapa orang yang bernama malassezia globosa. Yang kedua ketombe juga disebabkan karena adanya minyak berlebih pada kulit kepala. Yang ketiga adalah karena adanya tingkat sensitif seseorang pada zat tertentu, setiap orang memiliki tingkat sensitif yang berbeda-beda.

Tips mengatasi rambut berketombe

Tips utama yang dapat dengan mudah dilakukan untuk mengatasi rambut berketombe adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Anda juga harus teliti memilih sampo anti ketombe yang sesuai bagi kulit kepala Anda. Selain itu Anda dapat juga menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu mengatasi rambut berketombe diantaranya:

1. Lidah buaya
Kandungan aloe vera pada lidah buaya mempunyai manfaat alami bagi rambut yaitu sebagai kondisioner. Selain itu kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya akan membantu untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Cara menggunakan lidah buaya untuk membantu mengatasi rambut berketombe cukup mudah yaitu dengan dipotong menjadi dua bagian lalu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan kurang lebih selama 40 menit lalu bilas dengan air.

2. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang juga memiliki fungsi sebagai tanaman obat. Kandungan yang terdapat pada kunyit dipercaya dapat membantu mengatasi rambut berketombe. Cara menggunakan kunyit untuk membantu menghilangkan ketombe cukup mudah. Siapkan dua batang kunyit lalu parut dan peras airnya. Gunakan air kunyit untuk mengolesi bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut. Air jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Cara menggunakan jeruk nipis ini digunakan setelah keramas. Oleskan air perasan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala setelah keramas dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah selesai bilas dengan air.

Selain tips diatas, yang terpenting dalam usaha menghindarkan rambut dari kulit kepala adalah menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Karena salah satu pemicu ketombe juga dapat disebabkan oleh kulit kepala yang kotor. Rajinlah berkeramas minimal 2 hari sekali untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Jika Anda berhijab, gunakanlah produk sampo yang disediakan khusus bagi rambut yang berhijab. Karena sebenarnya perawatan rambut berhijab harus dilakukan lebih ekstra agar terhindar dari rambut berketombe. Semoga anda dapat menghilangkan ketombe pada rambut dengan baik dan benar setelah mengetahui tips mengatasi rambut berketombe.


EmoticonEmoticon